Aneka Ragam Batik Jawa Tengah

Jawa Tengah merupakan daerah provinsi di kepulauan Indonesia yang terkenal dengan berbagai macam motif batik yang ada dan berkembang di daerah Jawa Tengah. Batik Jawa itu sendiri mempunyai beberapa motif dan corak yang berbeda. Diantara sekian banyak daerah di jawa tengah yang mengembangkan kerajinan batik untuk usaha, ada beberap daerah yang menghasilkan produk batik unggulan yang terkenal sampai ke manca negara karena kualitas, corak dan keunikan masing-masing daerah pengrajin batik.



Diantara daerah penghasil batik ini diantaranya seperti :
  • Batik Pekalongan
Kota Pekalongan, adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Batang di timur, serta Kabupaten Pekalongan di sebelah selatan dan barat. Pekalongan terdiri atas 4 kecamatan, yakni Pekalongan Barat, Pekalongan Utara, Pekalongan Timur, dan Pekalongan Selatan. Pekalongan berjarak 101 km sebelah barat Semarang, atau 384 sebelah timur Jakarta. Pekalongan dikenal mendapat julukan kota batik, karena batik Pekalongan memiliki corak yang khas dan variatif.
  • Batik Solo
Batik Solo merupakan salah satu batik jawa tengah yang lumayan terkenal. Sesuai namanya Batik ini berasal dari daerah Solo, batik Solo terkenal dengan pola dan coraknya yang tradisional.
  • Batik Lasem
Batik Lasem itu sendiri berasal dari daerah lasem, Lasem merupakan salah satu Kecamatan dari Kabupaten Rembang yang berada di pesisir utara perbatasan jawa tengah dengan jawa timur. batik lasem mempunyai corak warna merahnya yang khas, hal ini tak terlepas dari pengaruh campuran dari jawa dan batik tionghoa.

0 comments:

Post a Comment

 
Wisata Ke Bali, Lombok, Bandung, Singapore, Thailand, Korea, Jepang Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template and web hosting